search

Memuat...

Sabtu, 31 Desember 2011

pengertian istilah dari Homepage,Domain,login,Log out,Browsing,Searching,kbps,Cascading Style Sheets (CSS),URL


Homepage
Homepage adalah halaman web yang langsung keluar ketika program browser dijalankan. Kebanyakan orang
mengatur homepagena untuk email, chatting, atau situs yang sering dikunjungi secara berkala. Tentunya
memudahkan pengguna browser untuk melihat situs yang ingin dan sering dilihat tanpa repot-repot
mengetikan alamatnya. Biasanya situs berita seperti detik.com, ermuslim.com dan lainya menjadi konsumsi
yang didahulukan dibanding mengakses situs lainya. Untuk itu ada untungnya kita mengatur homepage
untuk situs tersebut. Saya akan coba memberikan langkah mengetru homepage pada browser Internet
Eksplorer, Mozilla Firefox dan Opera.

Domain
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server
atau email server di internet.Domain memberikan kemudahkan pengguna di internet untuk melakukan akses
ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang
dikenal IP.


Log masuk (login, juga biasa disebut sebagai log in, log on, logon, signon, sign on, signin, sign in) adalah
proses untuk mengakses komputer dengan memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi guna
mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan.

Untuk melakukan log masuk ke sistem biasanya membutuhkan:
  • Rekening pengguna; digunakan sebagai identitas berupa runtutan karakter yang secara unik merujuk ke pengguna tertentu.
  • Kata sandi; runtutan karakter berupa kunci yang dijaga kerahasiaannya terhadap orang lain.
Kedua pasang runtutan karakter itu harus tepat dan keduanya adalah pasangan yang tidak bisa dipisahkan. Kata sandi dapat berubah sesuai dengan kebutuhan, sedangkan akun pengguna tidak pernah diubah karena berupa identitas unik yang merujuk ke pengguna tertentu.
Proses ini akan membuat sesi pada mesin tujuan untuk pengguna yang melakukan log masuk. Dalam kasus pengaksesan situs Internet, situs acapkali meletakkan cookies pada komputer pengguna.
Log out
        Log Off Juga bisa disebut dengan istilah log Out, Logoff, signoff, sign off, signout, dan sign out. merupakan proses untuk keluar dari sesi setelah pengguna melakukan log in pada sistem atau komputer. setelah pengguna melakukan proses log off, hak-hak pengguna untuk menggunakan sumber daya sistem atau komputer yang didapatkan ketika login akan hangus atau hilang.


Browsing
Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar. Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll. Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing. Kata lain dari browsing adalah surfing Jadi, browsing berbeda dengan download, chat, kirim email maupun ngeblog (istilah untuk ngeblog= blogging).

Searching
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.

Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara searcing melalui beberapa
search engine yang pada umumnya dipakai yaitu dengan menggunakan google dan yahoo.

kbps
Arsitektur data komputer berdasarkan biner sistem menggunakan satu dan nol dalam serangkaian delapan “bit” untuk membentuk karakter yang berbeda. Setiap string dari delapan bit disebut byte. 8 bit = 1 byte = 1 karakter seperti yang dijelaskan oleh urutan 8 bit data
Sebagai contoh, huruf kapital “K” dinyatakan dalam bit biner sebagai “01001011.” Dalam penggunaan tradisional, 1.024 bit data sama dengan sebuah kilobit, sementara 1.024 byte sama dengan satu kilo byte . Kbps selalu mengacu pada kilobit, sedangkan penunjukan KB / sec mengacu pada kilobyte.
·                  1024 bit = 1 kilobit
·                  1024 = 1 kilobyte = 8 kilobit byte
·                  1024 kilobyte = 1 megabyte = 8,192 kilobits
Meskipun angka-angka ini masih digunakan dalam banyak aplikasi, Sistem Satuan Internasional (SI) memberikan definisi resmi yang sedikit berbeda. Dalam rangka untuk membuat prefiks sejajar dengan yang digunakan dalam sistem metrik, mereka mendefinisikan 1 kilobit sebagai 1.000 bit; 1.024 bit disebut kibibit suatu. Pengukuran tradisional masih yang paling umum digunakan untuk memori komputer , sedangkan aplikasi-aplikasi jaringan kebanyakan menggunakan pengukuran SI.
Salah satu perangkat yang paling mana-mana untuk mentransfer data tingkat kecepatan dalam hal kbps adalah standar dial-up modem . Pada 56 kbps memberikan yang paling mahal, meskipun metode, paling lambat konektivitas ke Internet. Sebagai contoh, DSL modem memberikan kecepatan mulai dari 144 kbps dan mulai ke atas dari 3.000 kbps, kadang-kadang dinyatakan sebagai 3,0 mbps (megabit per detik).
Banyak kecepatan tinggi ISP (Internet Service Provider) terus untuk menggambarkan layanan mereka dalam hal kilobit, daripada menggunakan kilo byte atau megabit. Hal ini membuat mudah bagi pelanggan potensial untuk membandingkan kecepatan transfer terhadap mereka yang ada dial-up modem. Ketika harga dinyatakan dalam satuan selain kbps, dapat membingungkan bagi pembelanja dial-up.
Sementara modem dial-up yang mampu mendekati kecepatan 56 kbps, garis kebisingan, lalu lintas jaringan dan gangguan lainnya dapat mengurangi kecepatan transfer data secara signifikan. Dalam keadaan terbaik, 56 kbps modem umumnya akan beroperasi pada sekitar 53 kbps atau 6 KB / detik.
Cascading Style Sheets (CSS)
        Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

URL
Pengertian URL (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

2 komentar: