Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pengamat Nielsen menyatakan Apple menjadi produsen ponsel pintar nomor satu di AS dalam lima tahun terakhir.

Apple sukses dalam persaingan ponsel pintar dengan mengalahkan HTC dan Research In Motion (RIM) pada 2011, tapi sistem operasi Apple iOS belum bisa mengalahkan platform Google Android dalam pangsa pasar sitem operasi mobile, kata peneliti pasar NPD Group dalam laporan terpisah.

NPD menyatakan sistem operasi Android tumbuh pesat sebesar 53 persen di Amerika Serikat pada periode Januari hingga Oktober 2011. Sementara itu platform Apple iOS mewakili 29 persen dari semua sistem operasi ponsel pintar di pasar.

Apple iPhone hanya menyumbang sepertiga (29%) dari pembelian ponsel pintar terbaru di AS sejak Agustus hingga Oktober, kata Nielsen.

Sebanyak 21 persen pengguna membeli ponsel pintar HTC sebagai ponsel pintar terbaru mereka. Ponsel pintar RIM BlackBerry memiliki pangsa pasar 17 persen di AS, menempatkan RIM di tempat ketiga. Samsung dan Motorola berada ditempat keempat dan kelima, masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 11 persen.

Dalam Internasional Consumer Electronics Show (CES) dan Mobile World Congress (MWC) pada 2012, sebagian besar pembuat ponsel pintar bersiap-siap mengumumkan ponsel pintar high-end terbaru dan memperbarui sistem operasi mereka.
(adm)