search

Kamis, 29 Desember 2011

Lima "Senjata" Andalan Microsoft di 2012

KOMPAS..com - Tahun 2011 bukanlah tahun yang sulit bagi Microsoft. Meskipun perusahaan perangkat lunak ini tidak berhasil dalam memasarkan Windows Phone dan Internet Explorer 9, tetapi Microsoft masih punya satu produk unggulan, yakni sistem operasi Windows 7.
Dalam dua tahun sejak peluncurannya, Windows 7 telah terjual 500 juta copy dan menjadikannya sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Microsoft telah membukukan pendapatan untuk tahun fiskal yang berakhir tanggal 30 Juni 2011.

Untuk tahun 2012, Microsoft memiliki lima fokus utama yang akan dikembangkan. Berikut adalah rinciannya:

1. Tablet Windows 8
Tablet dengan sistem operasi Windows 8 adalah taruhan besar bagi Microsoft karena berani mengubah antar muka yang biasa digunakan. Tampilan Desktop khas Microsoft yang terkenal akan digantikan dengan icon-icon yang mewakili aplikasi dan file.
Microsoft berjanji akan memberikan antar muka yang bersahabat dengan pengguna sehingga tertarik untuk membeli dan menjalankan tablet dengan sistem operasi terbaru mereka tersebut.
Akan tidak mudah bagi Microsoft menjual tablet setelah selama dua tahun, pesaingnya, Apple, sukses menjual iPad. Ditambah lagi, analisis  dari Forrester (analis pasar) melaporkan bahwa konsumen tidak begitu tertarik dengan tablet Windows.

2. XBox Siap Menayangkan Televisi
XBox adalah konsol video game buatan Microsoft yang berhasil menjadikan produk dari perusahaan ini bergerak dari kantor ke ruang tamu. Tahun 2011, XBox memimpin penjualan konsol game di Amerika Serikat. Bulan ini, Microsoft melakukan pembaruan agar pengguna XBox bisa menonton televisi secara melalui XBox Live.
Dengan memperkenalkan Metro Style, XBox memungkinkan pengguna menonton 26 channel berbeda yang disajikan layanan televisi berbayar, Verizon. Channel tersebut termasuk channel-channel populer seperti HBO dan Nickelodeon.  Sejumlah mitra lain juga menawarkan program agar bisa tayang di XBox Live. Hal ini semakin memudahkan Microsoft memasukkan siaran televisi ke dalam konsol XBox.

3. Kembali Mengembangkan Windows Phone
Windows Phone memiliki cita-cita yang besar untuk menduduki posisi ketiga dalam pangsa pasar ponsel pintar setelah iPhone dan perangkat-perangkat Android.
Bekerja sama dengan Nokia, Microsoft telah merilis ponsel dengan sistem operasi terbaru mereka,  Windows Phone 7.5. Perangkat lunak di dalamnya tampak segar saat diluncurkan bulan September 2011 dengan nama "Manggo".
Manggo mendapat pujian dari para reviewer berkat animasi dan integrasi aplikasinya. Namun, menurut Gartner (perusahaan yang melakukan riset pasar), hanya 1,5 persen ponsel pintar yang akan menjalankan sistem operasi yang dikembangkan Microsoft ini.
Dari data ini, ada sedikit keraguan apakah Windows Phone akan tumbuh jika Microsoft hanya mengandalkan perangkat dari Nokia.  Sedangkan Android, memiliki banyak perangkat yang mengembangkannya, sehingga bisa bersaing terhadap dominasi iPhone. Atau Microsoft bisa mencoba merangkul pelanggan RIM yang "kabur" karena kekecewaan terhadap perangkat BlackBerry.

4. Mulai Agresi Paten
Microsoft "menekan" HTC, Wistron, dan Compal, untuk membayar lisensi kepada Microsoft karena telah menggunakan paten milik sistem operasi Microsoft. Microsoft juga akan menuntut Barnes and Noble, yang menjalankan Nook e-reader pada perangkat Android.
Taktik ini sangat sukses tahun 2011, karena banyak perusahaan, terutama perusahaan kecil, lebih memilih membayar daripada harus melawan Microsoft di pengadilan. Hal ini masih akan terus dilakukan Microsoft di tahun depan.

5. Microsoft Terjun ke Ranah Sosial Media
Tahun depan Microsoft juga akan melakukan masuk ke ranah sosial media. Bukan seperti Google yang membuat layanan sosial media baru - Google+, Microsoft justru membuat kesepakatan dengan pesaing Google+ yaitu Facebook.
Mesin pencari Bing milik Microsoft akan diintegrasikan dengan Facebook dan apabila seseorang mencari sesuatu, hasil yang muncul di halaman awal adalah hasil pencarian yang telah dilakukan teman-teman mereka sendiri di Facebook.
Misalnya seseorang mencari nama restoran, maka yang muncul di halaman awal dan urutan teratas adalah nama restoran yang paling banyak dicari oleh teman-teman mereka di Facebook. Atau bisa juga nama restoran yang pernah dikunjungi dan disukai teman-teman mereka di Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar