search

Jumat, 30 Desember 2011

SOMETHING WRONG

personil


SOMETHING WRONG terbentuk pada tanggal 02 September 1997 di Yogyakarta. Band ini membawakan jenis musik beraliran hardcore, atau lebih jelasnya old school hardcore. Formasi awal band ini terdiri dari: Latu (vocal), Wowok (vocal), Hendi (gitar), Soetik (bass), dan Karel (drum).

Pada tahun 1998, SOMETHINGWRONG ikut dalam kompilasi Yogyakarta United Underground bersama band-band underground dari berbagai aliran yang berada di Yogyakarta. Tetapi beberapa bulan setelah dirilisnya album kompilasi ini, kedua vocalisnya mengundurkan diri, dan posisinya digantikan oleh Kucing. Masuknya vocalis baru ini memperkuat SOMETHINGWRONG dalam perkembangan karakter musik dan kemajuannya.

SOMETHINGWRONG sedikit terpengaruh oleh band-band luar, terutama oleh band-band old school New York Hardcore seperti Agnostic Front, 25 ta Life, Warzone, dan juga sedikit terpengaruh oleh beberapa band Europen Hardcore seperti Discipline, Brightside, dan lain-lain. Tetapi dalam perkembangan musiknya SOMETHINGWRONG juga mendapat influence dari jenis musik lain selain hardcore, seperti jenis musik Oil, Metal, dan Punk. Namun demikian SOMETHINGWRONG tetap berusaha memiliki karakter sendiri secara musikal karena tidak mau dicap sebagai band yang selalu mengekor pada band-band favoritnya.
Sejak awal terbentuk, pada setiap pementasannya SOMETHINGWRONG sudah membawakan lagu-lagu ciptaan mereka sendiri disamping juga lagu-lagu dari band hardcore favorit mereka.

Pada bulan Oktober 1999 SOMETHINGWRONG masuk studio recording untuk merekam 8 lagu ciptaan mereka sebagai demo tape. Pada tanggal 6 Maret 2000 SOMETHINGWRONG harus kehilangan pemain drum mereka karena meninggal dunia. Dan untuk mengenang Karel, demo tape yang direkam pada bulan Oktober 1999 itu dirilis sebagai album SOMETHINGWRONG yang diberi titel "DEMO '99". Formasi dalam album ini Kucing (vocal), Hendi (gitar), Soetik (bass), dan Karel (drum). Album ini dicetak kurang lebih 300 copy dan diedarkan secara indie label.



Setelah Karel meninggal, posisi drum digantikan oleh Seto. Kira-kira 3 tahun setelah album pertama dirilis, yaitu pada bulan Maret 2003, SOMETHINGWRONG kembali masuk studio rekaman untuk merekam lagu-lagunya sebagai materi untuk album kedua mereka. Album kedua ini bertitel "GET OFF MY BACK" dan dirilis pertama kali pada bulan Juli 2003 oleh Napi Records (Bandung) dan masih dalam bentuk indie
label juga.

Album kedua ini berisi 13 lagu yang 2 diantaranya diambil dari album DEMO '99 dengan judul "Erase All Labels" dan "Disaster Man Made" Tema lirik di album kedua ini tidak jauh berbeda dengan alburn pertama, yaitu tentang persaudaraan, kebersamaan, scene, protes sosial, hubungan manusia dengan alamnya dan masalah-masalah sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Musik SOMETHINGWRONG di album ini banyak mengalami perubahan dan kemajuan dibanding album pertamanya walau tetap dalam garis old school hardcore. Saat ini SOMETHINGWRONG lebih menekankan style dalam musik yang mereka bawakan sesuai dengan jiwa mereka, dan mereka menyebut style musik mereka dengan sebutan YOGYAKARTA HARDCORE!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar