search

Rabu, 01 Februari 2012

di Eropa BlackBerry Semakin 'Mati Kutu'

detail berita
LONDON - iPhone mengambil porsi besar BlackBerry di kawasan Amerika Utara di pasar ponsel bisnis. Hal yang sama juga terjadi di eropa, Samsung membuat Reserach in Motion (RIM) mati kutu alias tidak berdaya.

Menurut data terbaru, di benua Biru, Samsung menjungkalkan posisi BlackBerry di kalangan pebisnis. Ponsel berbasis Android menjadi sebagaian besar pebisnis untuk membeli atau malah hanya sekedar rencana. Ini tentu saja masalah bagi BlackBerry yang sudah banyak dipakai untuk berkomunikasi bisnis.

Data yang diungkap Forrester Research pengguna smartphone di Eropa, sebanyak 27 persen adalah ponsel berbasis Android, 26 persen BlackBerry dan 24 persen diikuti ketat oleh iPhone. Memang Android, BlackBerry dan iPhone bersaing ketat, namun hanya Android dan iPhone yang grafik penjualannya menaik.

"Android dan Apple terus 'memakan' porsi milik BlackBerry," kata analis Forrester Frank Gillet, seperti dilansir New York Times, Senin (30/1/2012).

Memang isu keamanan yang menderan OS besutan Google itu membuat beberapa perusahaan khawatir, namun tidak menyurutkan para pelaku bisnis menggunakan ponsel cerdas Android. Mereka yang ragu menggunakan Android, tetap tidak berpaling ke BlackBerry dan malah menggunakan iPhone.

Samsung Electronics menjual 300 juta handset pada tahun 2011, hampir semua dari mereka ponsel Android, dan menjadi produsen ponsel terbesar di dunia. Hal ini tampaknya berada dalam posisi terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari pergeseran di pasar.

"Kami telah melihat pertumbuhan yang cukup besar Android di perusahaan selama 18 bulan terakhir. Kami melihatnya sebagai pesaing kuat dengan Apple untuk menjadi platform perusahaan atas mobile di Eropa," kata Nick McQuire, direktur penelitian strategi mobilitas perusahaan di International Data Corporation.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar