search

Sabtu, 10 Maret 2012

Jenis-Jenis Finishing Kaos


1. Tubullar/ Bulat yaitu finishing dengan bentuk bahan kaos bulat melingkar seperti sarung. Untuk bahan Cotton disebut Callendar, sedangkan untuk Non-Cotton disebut Setting. Jenis finishing bahan kaos seperti ini umumnya paling banyak digunakan oleh produsen-produsen garment / Clothing Company.


2. Openset/ Finish yaitu finishing belah bentuk bahan kaos yang di openset, artinya sudah dibelah melebar / horizontal. Kelebihan dari finishing ini adalah serat bahan jadi lebih lurus dan shrinkage (susut kain) lebih halus. Jenis finishing ini juga banyak digunakan untuk produk kaos yang mengutamakan mutu, merk branded / ternama, dan kualitas export.

3. Mercerized yaitu jenis finishing yang membuat serat bahan kaos jadi lebih rapat, warna lebih cerah, shrinkage lebih bagus, dan handfeel lebih keras. Contoh untuk jenis bahan ini banyak digunakan oleh produsen kaos lokal seperti: Metalizer, Cressida, IE-BIE, Dadung, Dagadu, Sinergy, BE-HOT, dll.

4. Non Mercerized yaitu jenis finishing yang mengutamakan handfeel atau pegangan yang soft (lembut) dan lentur. Contoh brand kaos yang memakai bahan jenis ini: Billabong, Quicksilver, Giordano, dan sebagian besar produk pakaian anak-anak dan bayi.

5. Rotary Print yaitu jenis finishing bahan kaos yang sudah dalam bentuk printing / sablon sebelum di cutting. Proses printingnya memakai mesin rotary sehingga dinamakan rotary print. Jenis bahan kaos ini banyak dipakai oleh produsen garment anak-anak dan wanita.

6. Bio Enzym dan Bio Compact yaitu inovasi jenis finishing dari Non Mercerized. Sebenarnya kedua jenis finishing ini secara teknis bersifat merapuhkan permukaan bahan kaos dengan semacam bakteri. Yang didapatkan adalah penampilan bahan jadi super lembut, bulu jadi halus dan warna lebih cerah namun menjadikan bahan tidak awet. Tetapi konsumen brand yang menggunakan jenis finishing kaos ini tidak mengutamakan keawetan melainkan gengsi, karena produk ini umumnya merek terkenal dan mahal seperti Billabong, Rusty, Ocean Pasific, Rip Curl, No Fear.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar